Jumat, 06 April 2012

ALIRAN SENI LUKIS


Aliran Seni Lukis

Dalam seni lukis terdapat beberapa aliran, yaitu : 
1.                  Surrealisme
2.                  Kubisme
3.                  Romantisme
4.                  Plural Painting
5.                  Seni Lukis Daun
6.                  Ekspresionisme
7.                  Dadaisme
8.                  Fauvisme
9.                  Neo-Impresionisme
10.              Realisme
11.              Naturalisme
12.              De Stijl
Namun yang ingin saya bahas hanya 3 aliran seni lukis. Yang pertama, Kubisme, Naturalisme dan Ekspresionalisme.

Kubisme
Description: http://3.bp.blogspot.com/-JUGFvvaJwRA/T35-ZvProAI/AAAAAAAAAJo/O78GYMLqpqk/s320/PICASSO,Kubisme.jpg


















aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu atau sebuah gerakan seni avant-gardeabad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso danGeorges Braque

Kubisme sebagai pencetus gaya nonimitative muncul setelah Picasso dan Braque menggali sekaligus terpengaruh bentuk kesenian primitif, seperti patung suku bangsa Liberia, ukiran timbul (basrelief) bangsa Mesir, dan topeng-topeng suku Afrika. Juga pengaruh lukisan Paul Cezanne, terutama karya still life dan pemandangan, yang mengenalkan bentuk geometri baru dengan mematahkan perspektif zaman Renaisans. Ini membekas pada keduanya sehingga meneteskan aliran baru.

Istilah “Kubis” itu sendiri, tercetus berkat pengamatan beberapa kritikus. Louis Vauxelles (kritikus Prancis) setelah melihat sebuah karya Braque di Salon des Independants, berkomenmtar bahwa karya Braque sebagai reduces everything to little cubes (menempatkan segala sesuatunya pada bentuk kubus-kubus kecil. Gil Blas menyebutkan lukisan Braque sebagai bizzarries cubiques (kubus ajaib). Sementara itu, Henri Matisse menyebutnya sebagai susunan petits cubes (kubus kecil). Maka untuk selanjutnya dipakai istilah Kubisme untuk memberi ciri dari aliran seperti karya-karya tersebut.

Gerkaan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatanEropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra. Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Perancis. Pada fase kedua, Kubisme Sintetis, gerakan ini menyebar dan masih ada sampai sekitar tahun 1919, ketika gerakanSurealisme mulai dikenal masyarakat.

Sejarawan seni Inggris, Douglas Cooper menjelaskaan tiga fase Kubisme dalam bukunya, The Cubist Epoch. Menurut Cooper ada yang namanya "Kubisme Awal" (1906-1908) ketika gerakan ini mulai dikembangkan di studio Picasso dan Braque; fase kedua disebut "Kubisme Tinggi" (1909-1914) ketika Juan Gris muncul sebagai seniman berpengaruh; dan akhirnya "Kubisme Akhir" (1914-1921) sebagai fase terakhir Kubisme sebagai gerakan avant-garde radikal.

Dalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak—daripada menampilkan obyek dari satu sudut pandang, seniman menampilkan subyek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subyek dalam konteks yang lebih besar. Kadang permukaan bersilangan dalam sudut acak, sehingga menghapus kedalaman lukisan yang jelas. Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.

Pelukis:
·                     Paul Cezane
·                     Pablo Picasso
·                     George Braque
·                     Metzinger
·                     Albert Glazez
·                     But Mochtar
·                     Moctar Apin
·                     Fajar Sidik
·                     Andre Derain
Pendapat : Menurut saya, lukisan kubisme mencerminkan bentuk-bentuk yang bersifat geometris.
Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Kubisme
Naturalisme
Description: http://4.bp.blogspot.com/-Eip6BPec9ws/T36AjWLkX3I/AAAAAAAAAJw/aWc29BAD7qs/s1600/Naturalisme.jpg















usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.

Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.

Pelukis:
·                     Soeboer Doellah
·                     William Bliss Baker
·                     Raden Saleh
·                     Hokusai
·                     Affandi
·                     Fresco Mural
·                     Basuki Abdullah
·                     William Hogart
·                     Frans Hail
Pendapat : Menurut saya, lukisan naturalisme merupakan lukisan mengenai keadaan yang sebenarnya (alam).
Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Naturalisme

Ekspresionalisme

Description: http://4.bp.blogspot.com/-SAaCRhJLe_k/T36BlCBHsII/AAAAAAAAAJ4/MMV4OSBPyU8/s320/expressionism_3.jpg 


















aliran seni lukis yang mengutamakan kebebasan dalam bentuk dan warna untuk mencurahkan emosi atau perasaan.

Ekspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.

Pelukis:
·                     Austria: Egon Schiele dan Oskar Kokoschka
·                     Russia: Wassily Kandinsky dan Alexei Jawlensky
·                     Netherlands: Charles Eyck, Willem Hofhuizen, Jaap Min, Jan Sluyters, Jan Wiegers dan Hendrik Werkman
·                     Belgia: Constant Permeke, Gust De Smet, Frits Van den Berghe, James Ensor, Floris Jespers, dan Albert Droesbeke.
·                     Perancis: Gen Paul dan Chaim Soutine
·                     Norwegia: Edvard Munch
·                     Swiss: Carl Eugen Keel
·                     Indonesia: Affandi
Pendapat : Menurut saya, lukisan ekspresionalisme merupakan lukisan yang mencerminkan suatu isi hati seseorang. Ekspresi marah, sedih, bahagia dan lainnya.

Realism
Description: Description: http://www.fabulousmasterpieces.co.uk/userimages/cityscape-paintings.jpg
Seni lukis Realism adalah Mencoba menangkap object apa adanya Tokoh Tokohnya adalah Karl Briullov, Ford Madox Brown, Jean Baptiste Siméon Chardin, Camille


Surialism
Seni lukis Surialism adalah Sebuah lukisan realism atau naturalism namun merupakan daya khayal dan sesuatu yang kadang tidak mungkin, atau sebuah mimpi. Tokoh Tokohnya adalah Andre bretton, Giorgio de Chirico, Max Ernst, Rere Margritte, Juan Miro, Salvador Dali.
Description: Description: http://3.bp.blogspot.com/__zKoIh3hBv0/THEbdckKhoI/AAAAAAAAAx8/oI7ngG_F-ss/s400/the_persistence_of_memory_1931_salvador_dali.jpg
Ekspresionism
Ekspresionism adalah Sebuah lukisan ungkapan hati baik dilihat dari cara melukisnya, menyederhanakan garis2. Tokohnya antara lain Heinrich Campendonk, Emil Nolde, Egon Schiele. Salah satu legenda pelukis indonesia Affandi juga menekuni bidang ini.


1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus