WEB CONTENT
Web content adalah isi
website Anda. Tanpa adanya file-file halaman web dan file pendukung, maka
domain dan hosting yang telah Anda miliki tidak akan menampilkan apa-apa jika
diakses. Ini seperti memiliki rumah baru yang sudah ada alamatnya tapi belum
diisi perabot alias kosong.
Media
standard penggunaan Web Content Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan
situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis
dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar
pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian
khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi
dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu
memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide
Web.
Model Generatif Pembelajaran Generatif (PG) merupakan terjemahan dari Generative Learning (GL). Menurut Osborno dan Wittrock dalam Katu (1995.b:1), pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki mahasiswa sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.
Model Retrorika Retorika berarti kesenian untuk berbicara baik (Kunst, gut zu reden atau Ars bene dicendi), yang dicapai berdasarkan bakat alam (talenta) dan keterampilan teknis (ars, techne), Dewasa ini retorika diartikan sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan dalam proses komunikasi antarmanusia. Kesenian berbicara ini bukan hanya berarti berbicara lancar tanpa jalan pikiran yang jelas dan tanpa isi, melainkan suatu kemampuan untuk berbicara dan berpidato secara singkat, jelas, padat dan mengesankan. Retorika modern mencakup ingatan yang kuat, daya kreasi dan fantasi yang tinggi, teknik pengungkapan yang tepat dan daya pembuktian serta penilaian yang tepat. Retorika modern adalah gabungan yang serasi antara pengetahuan, pikiran, kesenian dan kesanggupan berbicara. Dalam bahasa percakapan atau bahasa populer, retorika berarti pada tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, atas cara yang lebih efektif, mengucapka kata-kata yang tepat, benar dan mengesankan. Itu berarti orang harus dapat berbicara jelas, singkat dan efektif. Jelas supaya mudah dimengerti; singkat untuk menghemat waktu.
Model Generatif Pembelajaran Generatif (PG) merupakan terjemahan dari Generative Learning (GL). Menurut Osborno dan Wittrock dalam Katu (1995.b:1), pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki mahasiswa sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.
Model Retrorika Retorika berarti kesenian untuk berbicara baik (Kunst, gut zu reden atau Ars bene dicendi), yang dicapai berdasarkan bakat alam (talenta) dan keterampilan teknis (ars, techne), Dewasa ini retorika diartikan sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan dalam proses komunikasi antarmanusia. Kesenian berbicara ini bukan hanya berarti berbicara lancar tanpa jalan pikiran yang jelas dan tanpa isi, melainkan suatu kemampuan untuk berbicara dan berpidato secara singkat, jelas, padat dan mengesankan. Retorika modern mencakup ingatan yang kuat, daya kreasi dan fantasi yang tinggi, teknik pengungkapan yang tepat dan daya pembuktian serta penilaian yang tepat. Retorika modern adalah gabungan yang serasi antara pengetahuan, pikiran, kesenian dan kesanggupan berbicara. Dalam bahasa percakapan atau bahasa populer, retorika berarti pada tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, atas cara yang lebih efektif, mengucapka kata-kata yang tepat, benar dan mengesankan. Itu berarti orang harus dapat berbicara jelas, singkat dan efektif. Jelas supaya mudah dimengerti; singkat untuk menghemat waktu.
Web
Annotation
Tags
Tags atau Keywords adalah penting dalam pemasaran di
Internet , dengan ini kemungkinan peselancar mangunjungi website bisa
diarahkan, dan sesuai dengan keyword “Informatika” maka anda dapat
membandingkan dari bermacam-macam search engine atau social bookmark. Berikut
ini adalah tinjauan bermacam-macam search engine yang merujuk pada keyword atau
tag yang sama yaitu “Informatika dan yang berkaitan”. Search engine itu antara
lain : Google Blog Search, Yahoo Search , Technorati Tags, Del.icio.us Tags,
LiveJournal Tags, 43 Things Tags, Buzzwords (Buzznet) Tags.
Metadata
Metadata biasa didefinisikan sebagai “data tentang
data” atau dapat juga disebut dengan “informasi mengenai suatu data”. Metadata
mendeskripsikan isi, kualitas, kondisi, dan karakteristik lainnya mengenai
suatu data yang ditulis dengan format standard.
Metadata memiliki fungsi yang sama seperti katalog
yaitu untuk:
- mengidentifikasi
suatu data
- mengelompokkan
data yang serupa
- membedakan
data menurut kriteria tertentu
- memberikan
informasi penting berkaitan dengan data
Rich
Snippets
Rich Snippets adalah data tambahan dari blog/postingan
kamu yang akan ikut ditampilkan pada halaman mesin pencarian (SERP). Berbagai
data yang bisa dimasukkan seperti rating, vote, author, tanggal, file audio,
resep masakan, produk (harga, stok, dsb), event, dan banyak yang lainnya.
WEB DAN
PERILAKU PENGGUNA /INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
Perilaku
Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan
navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online.
Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar
pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi.
Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta
penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian
atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini
masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih
spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain.
Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi
antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon
pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang
disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran
bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan
Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu
sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli
pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para
pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini
lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur
lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu
pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi
tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel
Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas
Pencarian (Search)
Perilaku
Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya telah di desain
dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin
tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian
dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
REKOMENDASI
WEB DAN PRILAKU SOSIAL
Web
merefleksikan perilaku sosial
web pun dapat merefleksikan perilaki sosial
masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang
mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian
masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya
seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya
hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter
ataupun diskon-diskon yang ada.
Web
mempengaruhi perilaku sosial
web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi
yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi
perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif
dan dampak negatif, dampak postifnya adalah :
- lebih
cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti
membantu pekerjaan manusia
- dapat
berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat
manusia saling berinteraksi dengan mudah
- mudah
mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan
dampak negatif :
- munculnya
banyak penipu yang memanfaatkan internet
- adanya
plagiatisme
- munculnya
pencurian/hack
- munculnya
banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat
merusak mental
- bahaya
kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
STRUKTUR
WEB
Link
Structure, small world
Sebuah jaringan kecil dunia adalah
jenis grafik matematika di mana sebagian besar node tidak tetangga
satu sama lain, tetapi kebanyakan node dapat dicapai dari setiap lain oleh
sejumlah kecil hop atau langkah-langkah. Secara khusus, jaringan-dunia
kecil didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak khas antara dua
node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara
proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan,
yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil ini
dalam fenomena dunia kecil dari orang asing yang dihubungkan oleh
saling kenalan. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan
kecil dunia. Jaringan sosial , konektivitas dari internet ,
wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik
jaringan-dunia kecil pameran.
Social
Networking
Social Networking adalah sebutan lain terhadap website
community. Social Networking adalah tempat untuk para netter berkolaborasi
dengan netter lainnya. Bentuk kolaborasi antara lain adalah saling bertukar
pendapat/komentar, mencari teman, saling mengirim email, saling memberi
penilaian, saling bertukar file dan yang lainnya. Intinya dari situs social
networking adalah interaktifitas. Contoh dari social networking yang sering
digunakan: Facebook, Friendster, MySpace, Twitter, dll.
Blogosphere
Blogosphere adalah suatu interkoneksi / interaksi
antar blog yangg tergabung dalam sebuah domain dan domain tersebut
tergabung dalam lingkup jaringan / internet, Contohnya, Technorati, Top
of Blogs, Blog Top site, blogspot termasuk juga dengan blog directory,
sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada
berupa blog berita, blog hoby , blog forum, blog komunitas, blog iformasi dll.Istilah
Blogosphere muncul pada tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002, walaupun lahir
dari sebuah lelucon keberadaan Blogosphere kini menjadi sebuah ikon bagi
blogger, banyak blogger yang menganggap belum lengkap bila seorang blogger
belum tergabung ke dalam komunitas Blogosphere hingga jadi ikon
eksistensinya dalam dunia blogging.( apa benar begitu..??? )
Manfaat Blogosphere ini tak lepas kaitannya dari SEO (
Search Engine Optimization ), layaknya sebuah komunitas keberadaan
Blogosphere memberikan jalinan komunikasi antar blogger, membuat akses
posting yg popular dan menjadi sebuah trend, atau mengupdate suatu bahasa
dan kosakata untuk sebuah komunitas blog sehingga menjadi kepopuleran
tersendiri.
Analisis
Web
Tools-tools pengukur analisis web :
- SEO
(Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah blog/web dengan
memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di
halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri
pengunjung yang datang dari search engine.
- GTmetrix
merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang
membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia
secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai
mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus
dilakukan.
Kelebihan dari GTmetrix :
1. dapat
membandingkan beberapa URL secara bersamaan
2. dapat
menjadwalkan pengecekan web/blog secara otomatis dan dapat menyimpan
laporan
Kekurangan dari GTmetrix:
1. dalam
penggunaan GTmetrix harus menggunakan koneksi internet yang cepat.
Crawler
Adalah proses pengambilan sejumlah besar halaman web
dengan cepat kedalam satu tempat penyimpanan lokal dan mengindexnya berdasarkan
sejumlah kata kunci. yakni sebuah komponen utama dalam sebuah Search Engine
(Mesin Pencari), sebagai Aplikasi Information Retrieval Modern.
Cara kerja: suatu data dikumpulkan oleh web crawler
kemudian digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan link situs yang relavan
bagi pengguna ketika mereka melakukan pencarian. web crawler menangkap banyak
hal yang berbeda ketika mereka memindai situs. Informasi diperoleh dari
metatag, konten itu sendiri dan link. untuk mendapatkan ide yang baik dari apa
situs adalah tentang. Crawler digunakan sebagai scan situs anda. jika ada
bagian-bagian tertentu dari situs yang seharusnya tidak diindeks, mereka harus
mencatat dalam file ini. setelah mendapat instruksi crawler dari file ini, akan
mulai dengan merangkak halaman situs anda.
Ini kemudian akan melanjutkan ke indeks konten, dan
kemudian akhirnya akan mengunjungi link di situs Anda. Jika crawler mengikuti
link dan tidak menemukan halaman, maka akan dihapus dari indeks. Informasi yang
dikumpulkan dari situs Anda kemudian disimpan dalam database, yang kemudian
digunakan oleh mesin pencari.
Beberapa Contoh Web Crawler :
1 . Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan
offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat
koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan
beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2 . HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport
Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi
sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang
menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di
http://www.httrack.com
3 . Googlebot
Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian
yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang
melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau
konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling
ini.
4 . Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google,
maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan
oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5 . YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler lainnya di
atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan
menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer
(disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi
index, sehingga tidak memerlukan server central. Contoh search engine yang
menggunakan YaCy ialah Sciencenet, untuk pencarian dokumen di bidang sains.
Search
Engine
Adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan
pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi
milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam
suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari
dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk
daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio
pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi
target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti
halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin
pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan
dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan
swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di
antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada
beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source),
contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
contoh-contoh search engine :
1. Google
google muncul pada akhir tahun 1997, dimana google
memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan
mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista , HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos.
dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagain perusahaan tabg
bergerak dalam bidang layanan pencarian internert. Hingga akhirnya Google mampu
menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan didunia.
2. Yahoo
Yahoo raja directori di internet disamping para
pengguna internet melihat DMOZ serta LookSma berusaha menurunkan nya diposisi
puncak tersebut. akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya
mereka pun sudah memliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan
demikian mendapatkan sebuah daftar pada direktori yahoo memang memiliki nilai
yang tinggi.
Web
Archiving
adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan
memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip,
untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.
Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web umumnya menggunakan web crawlers
untuk pengumpulan secara otomatis. Organisasi pengarsip web terbesar yang
menggunakan ancangan perangkak web ini adalah Internet Archive yang berupaya
memelihara arsip dari seluruh Web. Perpustakaan nasional, arsip nasional, dan
berbagai konsorsium organisasi lain juga terlibat dalam upaya pengarsipan
konten Web yang memiliki nilai penting bagi mereka. Perangkat lunak dan layanan
komersial juga tersedia bagi organisasi yang ingin mengarsipkan konten web
mereka sendiri untuk berbagai keperluan.
Cara kerja web archiving
A. Remote
Harvesting
Merupakan cara yang plaing umum dalam web archiving
dengan menggunkana teknik web crawlers yang secara otomatis melakukan proses
pengumpulan halaman web. Metode yang digunakan web crawler untuk mengakses
halaman web sama semeprti user mengakses halaman web menggunakan wob
browser. Contoh web crawler yang digunakan dalam web archiving seperti :
- Heritrix
- HTTrack
- Wget
B. On-Demand
Ada banyak layanan yang dapat digunakan sebagai sumber
archive web "on-demand", menggunakan teknik web crawling. Contohnya
seperti:
- Aleph
Archives
- archive.is
- Archive-It
- Archivethe.net
- Compliance
WatchDog by SiteQuest Technologies
- freezePAGE
snapshots
- Hanzo
Archives
- Iterasi
- Nextpoint
- Patrina
- PageFreezer
- Reed
Archives
- Smarsh
Web Archiving
- The Web
Archiving Service
- webEchoFS
- WebCite
- Website-Archive.com
C. Database
archiving
Databasa Archiving mengacu pada metode untuk
menarsipkan konten database-driven websites. Hal ini biasanya memerlukan
ekstraksi konten database ke standard schema, sering menggunakan XML. Setelah
disimpan dalam format standar, konten yang diarsipkan dari beberapa databse
dapat tersedia untuk diakses dengan menggunakan single access system. Motode
ini digunkanan seprti pada DeepArc dan Xinq masiing masing dikembangkan
oleh Bibliothèque nationale de France dan National Library of Australia.
D. Transactional
archiving
Transactional archiving merupakan event-driven yang
mengumpulkan transaksi yang berlangsung antara web server dan web
browser. Hal ini terutama digunakan untuk menjamin keaslian dari isi
suatu website, pada tanggal tertentu. Hal ini sangatlah penting untuk
organisasi atau perusahaan yang perlu mematuhi persyaratan hukum atau peraturan
untuk mengungkapkan dan mempertahankan informasi.
Sistem yang digunakan pada transactional archiving
biasanya beroperasi dengan memeriksa setiap permintaan HTTP dan respon
dari web server, menyaring setiap aktifitas untuk menghilangkan konten yang
duklikat dan secara permanen disimpan sebagai bitstreams. Sebuah sistem
transactional archiving membutuhkan instalasi perangkat lunak pada web server,
dan karena hal itu maka metode ini tidka dapat mengumpulkan konten dari remote
website.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar